Pengertian dan Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung dan memungkinkan saling terjadinya pemakaian bersama sumber daya dan komunikasi data secara langsung. Sumber daya yang dimaksud antara lain printer, harddisk, scanner, program aplikasi tertentu, dan perangkat lainnya. Sebuah jaringan dapat dihubungkan dengan berbagai jaringan, komputer utama (server) dihubungkan ke komputer lain (client) menggunakan media komunikasi seperti kabel, gelombang radio, atau satelit.

Jaringan komputer memberi pelayanan yang lebih cepat, dimanis, dan menjanjikan.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan komputer, antara lain sebagai berikut

  1. Mempercepat pekerjaan.
    Dengan jarimgan komputer pekerjaan akan jauh lebih cepat, fasilitas sharing akan memudahkan tranfer data antar komputer
  2. Berbagi sumber (resourc sharing)
    Berbagi sumber yaitu penggunaan sumber daya yang ada secara bersama-sama, Misalnya, seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, ia tidak akan mendapat kesulitan dlam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  3. Ketahanan data tinggi (reliabilitas tinggi)
    Dengan jaringan komputer kita akan mendapat reliabilitas yang tinggi dengan memikili sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga, atau lebih komputer yang ter terkoneksi ke jaringan. sehinga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin lain dapat digunakan.
  4. Menghemat biaya
    Dengan jaringan komputer, kita dapat menghemat pelaratan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehinggah tidak perlu membeli printer untek setiap orang.
  5. Sarana komunikasi
    Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi. Misalnya, ketika memberi pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirim surat kepada semua stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

Selain keuntungan ternyata terdapat juga kerugian. Beberapa kerugian jaringan komputer antara lain sebagai berikut.

  1. Ancaman virus
    Adanya virusini akan membuat jaringan komputer rusak. Apabila salah satu dari komputer yang terhubung pada jaringan terkena virus. memungkinkan komputer lain yang juga terhubung akan terkena virus juga.
  2. Pengaksesan fie yang tidakn terbatas
    Kemudahan dalam berbagi file dapat mengakibatkan kebocoran data karena dibaca orang yang tidak berhak untuk mendapatkannya.
  3. Dibutuhkan biaya untuk membangun jaringan
    Saat jaringan akan dibuat maka dibutuhkan sebuah anggaran tertentu baik untuk konsultasi perencanaan, jasa pembangunan jaringan dan pemeriharaan software dan hardware.


Sejarah Lahirnya Teknoligi Jaringan

  1. Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Haryard Universitu yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun, sehinggah beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
  2. Di tahun 1950-an diciptakan super komputer, yang mempunyai kemampuan melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali jaringan komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS, mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
  3. Memasuki tahun 1970-an, setalah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi. Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar. secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karna selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringan sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer saja tanpa melaluinkomputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal LAN.
  4. Pada tahun 1974, Internet muncul dan membawa perubahan besar. Peroyek ARPA yang semula hanya dipersiapkan untuk membantu membangun jalur komunikasi antara beberapa universitas, pangkalan-pangkalan militer dan perusahaan yang terlibat dalam proyek tersebut. Saat ini jaringan internet sudah digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia
Earn free bitcoin