Mengenal website atau situs

1. Pengertian Website atau Situs

Situs diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

2. Unsur-Unsur Website atau Situs

Unsur membangun website atau situs diperlukan beberapa unsur yang yang harus ada agar website atau situs dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain sebagai berikut.

  1. Nama Domain

    Nama domain adalah alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs. Dengan kata lain, nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan website atau situs pada internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah https://www.google.com--dapat juga tanpa www.

    ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilh sesuai dengan keinginan atau keperluan kalian. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet.

    1. Generic Domain
      Generic domain merupakan nama domain yang ber ahiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehinggah siapapun dapat mendaftar.
      1. .Com: merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
      2. .Edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
      3. .Gov : merupakan domain untuk pemerintah (government)
      4. .Mil : merupakan domain untuk angkatan bersenjata (military)
      5. .Org : merupakan domain untuk organisasi atau lembaga non profit (organization)

    2. Country-Specific Domain
      Country-Specific Domain yaitu nama domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id (indonesia), .au (australia), .jp (jepang) dan lain-lain. Domain ini dioprasikan dan di daftarkan di masing-masing negara. Di indonesia, domain-domain ini berahiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id dan pada ahir-ahir ini ditambah dengan war.net.id, mil.id dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung penggunanya, antara lain:
      1. .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
      2. .ac.id : Untuk Lembaga pendidikan
      3. .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
      4. .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
      5. .or.id : Untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dlam katagori "ac.id", "co.id", "go.id", "mil.id", dan lain-lain
      6. .war.net.id : untuk industri waring internet di indonesia
      7. .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.

      Nama domain dari tiap website atau situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehinggah tidak ada satupun website atau situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka waktu tertentu (tahunan).

  2. Hosting

    Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website atau situs. Besarnya data yang bisa dimasukan tergantung dari besarnya hosting yang di sewa. Semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website atau situs. Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruang harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung pertahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di indonesia maupun Luar Negri.

  3. Script/Bahasa Programan

    Script Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website atau situs yang pada saat diakses. Jenis script sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website atau situs. Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan intraktif serta terlihat bagus

    Beragam script saat ini telah hadir untuk memdukung kualitas website atau situs. Jenis-jenis script yang banyak dipakai web designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dan sebagainya. Bahasa dasar yang dipakai disetiap website atau situs adalah html sedang ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sabagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.

  4. Design Web

    Setelah melakukan penywaan domain dan hosting serta penguasaan script, unsur website atau situs yang paling penting dan utama adalah design. Design Web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs.Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website atau situs.

  5. Publikasi

    Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangunn tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Publikasi Situs di masyarakat dapat dilakukan dengan cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan efektif dengan tak terbatasnya ruang atau waktu adalah publikasilangsung di internet melalui search engine (mesin pencari, seperti Yahoo, Google, Search Indonesia).

    Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo dan Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikt mengeluarkan akan tetapi website atau situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.