Pengertian Dan Sejarah Internet

Internet di masa sekarang sudah menjadi suatu kebutuhan bagi kalangan masyarakat mulai dari kota hingga masuk ke desa, Hampir segala kalangan usia kini juga membutuhkan internet. Sebagai contoh: sekarang banyak orangtua yang di mudahkan untuk mencari hiburan untuk anak balitanya menggunakan internet, siswa/mahasiswa juga membutuhkan internet untuk memdukung proses belajar mengajarnya, hingga para pekerja kantoran ataupun pekerja industri juga membutuhkan internet untuk keperluan bisnisnya. Untuk megetaui lebih dalam tentang internet, pengertian internet, dan sejarah internet silahkan kalian simak ulasan dalam artikel berikut.

PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET


1. Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika di terjemahkan berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia melalui jalur telepon kabel maupun satelit. Internet menghubungkan sejumlah besar komputer di seluruh dunia menggunakan bahasa jaringan yang sama, yaitu: TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protokol).
Karena menggunakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Komputeryang terhubung ke internet menyediakan informasi-informasi yang terbuka untuk umum, sehingga pemakai internet dapat menggubungi banyak komputer kapan saja dari seluruh penjuru dunia untuk mangirim berita, memperoleh informasi, dan tranfer data. Dengan demikan, ada dua peranan penting dari internet,yaitu:

  • Sebagai sumber data dan informasi
  • Sebagai sarana pertukaran data dan informasi

2. Sejarah Internet

  1. Sejarah Internet di mulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amarika Serikat, yaitu Defanse Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehinggah membentuk jaringan. Program riset ini di kenal dengan nama ARPANET.
    Para pencetus ARPANET.
  2. Tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihhubungkan satu sama lain sehinggah mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
  3. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. rrogram e-mail ini begitu mudah sehinggah langsung menjadi populer.
  4. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai di kembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer Unuversity College di london merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.
  5. Karena komputer yang membentuk jaringan memakin hari semakin banyak, di butuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Oleh karena itu, pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang kita kenal semua.
  6. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 di perkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System.
  7. Tahun 1900 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners lee menenukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang di sebut www. atau Worl Wide Web.
  8. Tahun 1992, muncul istilah surfing the intrnet