Layanan Aplikasi atau Fasilitas internet

Layanan Dan Fasilitas Internet


1. Web

Merupakan layanan hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, ataupun animasi. Antara data tersebut berhubungan. Untuk memudahkan membaca data dan informasi, kalian dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer, google crome, ataupun mozilla firefox.

2. E-mail (Electronic Mail)

Merupakan layanan pengiriman dan penerimaan surat elektronik (e-mail) antara pemakai komputer yang terhubung di internet. Selain itu, pemakai juga dapat menyertakan file sebagai lampiran.

3. Chatting

Merupakan layanan komunikasi untuk pengguna internet. Komunikasi tersebut menggunakan bantuan teks, suara ataupun webcam melalui suatu perogram chatting tertentu, Program chatting yang sudah umum digunakan di antaranya, Whatsapp, Wechat, Line, BlackBerry Massenger, Yahoo Messenger, Google Hangouts

4. Download

Merupakan layanan untuk mengambil data dari internet, seperti menganbil file gambar, dokumen, musik, atau vidio. File tersebut disimpan kedalam media penyimpanan telepone atau komputer.

5. Upload

Merupakan layanan untuk mengirim file yang tersimpan di dalam media penyimpanan smartphone ataupun komputer ke internet. Misalnya, kamu akan memasukkan fotomu kedalam suatu situs entah itu facebook ataupun instagram atau mengirim artikel ke dalam sebuah website.

6. Search Engine

Merupakan layanan untuk mencari informasi di internet, Informasi tersebut dapat berupa teks, gambar, musik atau vidio, situs yang berfungsi sebagai search engine, antara lain Google, Yahoo, Bing, Baidu DuckDuckgo. dan masih banyak lagi.

7.Millis Mailling List

Merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok melalui e-mail

8. Newsgroup

Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain yang mempunyai kepentingan keterlibatan bersama dalam topik-topik tertentu. Dengan fasilitas ini, kamu dapat melakukan diskusi tanpa terikat waktu, ruang, dan tempat.

9. FTP(File Transfer Protokol)

Merupakan Fasilitas untuk mengirim data atau file dari suatu komputer ke komputer yang lain. File yang di kirim dapat berupa naska(word), gambar, animasi, musik dan lain sebaginya

10. Gopher

Adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet yang hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghudungkan diri dengan gopher server yang ada di internet.

11. Teleconference

Adalah aplikasi internet yang juga digunakan untuk berbicang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar visual, sehinggah seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara.

12. WWW (World Wide Web)

Adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).